shape

10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

07 March 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang tidak bolah dilewatkan perawatannya. Karena gigi dan mulut kita memiliki fungsi sebagai jalan pertama masuknya berbagai macam makanan dan minuman ke dalam tubuh kita.

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun beberapa penyakit yang paling umum menyerang kesehatan mulut kita adalah gigi berlubang, penyakit gusi, dan kanker mulut. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan gigi dan mulut? 10 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut berikut ini bisa Sobat Salam coba di rumah.

10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

1. Sikat gigi dengan benar

Tentunya gigi dan mulut kita perlu dibersihkan secara rutin. Anjuran dari Ikatan Dokter Gigi Indonesia, intensitas sikat gigi yang baik adalah 2 kali dalam sehari. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut dan ukuran yang pas, sehingga dapat menjangkau semua area dengan mudah.

2. Gunakan Flossing atau benang gigi

Terkadang ada partikel kecil dalam gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Maka dari itu teknik menggunakan flossing atau benang gigi ini dapat membantu membersihkan partikel kecil sisa makanan pada sela-sela gigi. Membersihkan sela-sela gigi dapat membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

3. Hindari rokok

Kebiasaan merokok tidak hanya buruk bagi organ tubuh bagian dalam. Gigi dan mulut kita pun akan terkena dampak gangguan kesehatan. Salah satu gangguan yang umum ditimbulkan dari kebiasaan merokok ini dapat memicu kanker mulut. Jadi jika tidak mau terserang penyakit itu, sebaiknya hindari kebiasaan merokok sekarang juga ya.

4. Perbanyak asupan kalsium

Kalsium sangat diperlukan untuk kesehatan gigi, gusi dan tuang. Kandungan kalsium ini bisa Sobat dapatkan dalam susu, yogurt, brokoli, keju dan produk olahan susu lainnya. Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat membantu melindungi gigi dan gusi dari risiko retak dan berdarah. Vitamin lainnya yang diutuhkan untuk kesehatan gigi adalah seng, sodium, zat besi dan kalium.

5. Gunakan obat kumur

Sebagai tambahan agar kesehatan gigi dam mulut Sobat terjaga dengan baik adalah dengan rutin berkumur menggunakan obat kumur. Dalam obat kumur terkandung listerin dan klorin dioksida yang dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut. Selain itu obat kumur juga dapat membantu nafas Sobat lebih segar dan menjaga kekuatan gigi.

6. Gunakan pembersih lidah

Pembersih lidah ini berfungsi untuk membantu menghilangkan banyak bakteri terutama di bagian permukaan lidah. Selain itu dengan pembersih lidah ini dapat membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri dan terhindar dari dampak negatif pada kesehatan gigi.

7. Kurangi makanan manis dan lengket

Makanan manis dan lengket yang menempel di antara gigi dapat memicu kerusakan pada gigi. Dengan mengurangi makanan manis dan lengket ini dapat menghindarkan Sobat dari risiko gigi berlubang dan kesehatan gigi serta gusi tetap terjaga.

8. Minum lebih banyak air putih

Selain menjaga tubuh kita dari dehidrasi, dengan asupan air yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Karena ketika air masuk ke dalam mulut kita, dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan atau minuman yang menempel.

9. Batasi konsumsi makanan asam

Baik makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut. Lalu bakteri dan asam tersebut dapat menggerogoti enamel gigi. Asam inilah yang akhirnya dapat memicu gigi cepat berlubang.

10. Cek ke dokter gigi

Langkah ini baiknya dilakukan 6 bulan sekali. Untuk memastikan apakah ada gangguan pada gigi dan mulut kita atau tidak. Dengan rutin mengecek, kita bisa jadi lebih sigap apabila mulai ada indikasi kerusakan pada gigi dan mulut kita.

Itu dia 10 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa Sobat terapkan, semoga bermanfaat.

shape
shape